Kamis, 06 Juni 2013

My Preferred List of Mecha Anime: PART UNO

Yak, karena adanya "Penyesuaian" dengan kegiatan sehari-hari para anggota, Blog ini nyaris ditelantarkan. Lagi.

Bersama saya lagi Saya-chan, Saya akan mulai "menggemukan" Blog Nijikon djahanam ini sebagai "First Poster".

Kali ini Saya akan membahas 10 anime Mecha favorit saya.

Kenapa harus Genre Mecha?
Karena mecha merupakan genre favorit saya dan satu-satunya alasan kenapa Saya bisa tersedot ke dalam dunia per-Otakuan, dimana saya mengerti lebih luas dengan Genre-genre lainnya.

Khusunya Genre mecha sendiri, genre "Robot-robotan" yang ternyata memiliki pengertian lebih luas dan cenderung tidak berupa "besi yang saling bertrabakan"

juga mohon dimengerti bahwa saya adalah seorang Mechaphilia, tidak jarang saya hanya mementingkan design mechanic- nya tersendiri dibandingkan plot yang disediakan.
tak jarang juga, saya hanya men-skip ke bagian actionnya saja bila ada acara yang saya anggap hanya berupa "Merchandise Driven".

Tentang Mechapilia, dari dulu sampai sekarang, saya masih mempunyai hasrat yang sangat
tinggi untuk mencabuli NINEBALL SERAPH...

"kyaa~ ecchi! Baka~!!"
  
Yak, Sebelum narasi ini semakin ngelantur,  
Saya akan mulai dari urutan 10!!


 #10. Mobile Suit Gundam SEED

Sometimes,we call it "SEED pose"

Mobile Suit Gundam SEED merupakan Anime buatan sunrise pada 2002 yang dideriksikan Mitsuo Fukuda (yang sebelumnya juga mengurusi anime mecha "Gear Fighter DenDoh!!" dan Balapan Anyar "Future GrandPrix Cyber Formula").
SEED mengambil jalur Parallel timeline yang berbeda dari seri Gundam yang tayang sebelumnya, "Mobile Suit Turn-A Gundam", dimana SEED menggunakan tanggalan C.E./Cosmic Era.
Kenapa Berada di urutan 10?
Karena menurut opini saya, Gundam SEED digunakan oleh Sunrise untuk menarik fans-fans baru di era millenium awal, terasa dari bagaimana setting cerita pada acara ini.

Gundam SEED banyak menggunakan tropes-tropes dan cliche klasik yang sering terjadi pada seri gundam sebelumnya (Gundam hijacking, pretty boys with giant robot, silly love-triangle) dan tentu saja Expy dan referensi yang digunakan untuk memanjakan fans lama.

Dan Sunrise Berhasil.

Jujur, saya masih ingat dengan Hype yang terjadi dimana-mana, terutama dari media majalah seperti G*meStation dan *nimonster. (saya juga masih ingat membeli GuideBook+ArtBook yang dirilis Oleh *nimonster 9 tahun yang lalu).

Tidak lupa dengan penjualan Merchandise yang sangat berhasil, hampir di semua toko mainan, Stand gundam selalu ada di bagian depan toko dengan Stok Model Kit yang tiba-tiba membludak. (sebelumnya, mainan Power ranger sangat memonopoli).

dan hal ini mungkin yang membuat nama Gundam semakin dikenal berbagai kalangan.


#9 Code Geass: Lelouch of the Rebellion

JIIIBUUN WOOOOOOOOO

Code Geass merupakan Anime buatan Sunrise pada tahun 2006. dengan direksi dari Ichirō Ōkouchi dan desain character yang khusus dibuat oleh CLAMP (explaining the "noodle people" design).

Awalnya, saya tidak tertarik pada anime ini dengan premisnya dan dikarenakan sedang adanya hype dari Sequel dari Gundam SEED, Gundam SEED Destiny.
hingga akhirnya teman saya mengatakan "ini anime mecha loh" dan memperlihatkan saya adegan actionnya yang lumayan Decent. (meskipun saya cibir "mirip dengan Eureka 7" karena ada roda di kaki robotnya). Saya pun mulai pelan-pelan menonton acara ini (Saya Sarankan untuk tidak me-marathon Code Geass) biarpun menskip beberapa episode.

Jujur saja, Sebenarnya aime ini Decent, Dengan tema Opresi Peperangan, Moralitas yang tidak terlalu Hitam-Putih, dan sedikit tema Supranatural.
tapi karena melihat stempel Sunrise, kesannya seperti "memaksakan" Genre Mecha. 
bila kita Headscracthing sedikit, Anime ini masih saja bagus tanpa perlu unsur Mecha-nya sama sekali.
Versi manganya, menghindari Tropes ini, KnightFrame ditiadakan dan menggunakan alat perang yang lebih "lumrah" (bahkan Suzaku hanya menggunakan helikopter sepanjang cerita) dan tetap setia kepada plot anime-nya.

dengan kata lain: Bahkan tanpa menggunakan Mecha sekalipun, Plot cerita tetap tidak berubah sama sekali. menjelaskan kenapa acara ini ada di peringkat bawah.


#8 Tengen Toppa Gurren Lagann

Believe in the you who bla bla bla bla....

Gurren Lagann merupakan Anime buatan Gainax pada 2007 dengan total 27 episode dan 2 movie.

Sebelum kita mulai membahas dan mengkritik acara ini, saya akan secara singkat tentang Gainax.
Gainax merupakan studio animasi yang didirikan pada 1984 dengan campur tangan sang Maestro: Hideaki Anno.
Studio ini sangat terkenal dengan anime-animenya yang memiliki tingkat visualisasi tinggi, penceritaan yang mendalam dan berlapis, dan jangan lupa, Sering Bokek menjelang akhir produksi.
hal ini tetap tidak menghentikan Gainax melahirkan berbagai macam anime "berkualitas" dan kerap membuat "pola" seperti: MindFuck, Gainax Ending dan Gainax' jiggle psychic.

Gurren Lagann adalah salah satunya.

ini jadinya kalau Gainax membuat anime minggu pagi. Visualisasi yang colorful namun tetap enak dimata, action yang sangat "Over to the top" dan tentu saja, kejantanan tingkat tinggi.
Fans service super ramah untuk semua kalangan (bahkan untuk saya mecha otaku, desain Enki dan arch-gurren yang menjadi favorit). acara ini juga kerap membuat expy dan referensi baik dari anime mecha lama maupun dari anime gainax sebelumnya. ini tentunya adalah nilai plus.

untuk alur cerita, semenjak time-skip, pace carita terasa agak kecepetan. mungkin wajar, awalnya saya mengira bahwa tema anime ini adalah adventure dan mecha. tapi sudah termasuk bagus bila dibandingkan dengan Movienya (saya nonton gurren-hen dan lagann-hen cuma buat actionnya saja).


Yah, hanya itu yang bisa saya hantarkan dari Review Part 1 ini.
ke-3 anime mecha tersebut sangat sukses dengan fanbase yang cukup aktif. 

dan saya menaruhnya pada urutan paling bawah.

seperti apakah Anime Mecha pada urutan Part-2? Tentunya akan lebih sakti dari pada anime mecha yang baru saya bahas.

Stay tune with your favorite Mechaperv; Saya-chan, until next time!

"Saya-chan Out!"

akagi with his waifu

3 komentar:

  1. watdaheck man...gurren lagann no 8 code geass no 9...gurren lagann itu harusnya pertamax code geass kedua...liat nanti w buat top 30 anime dengan gurren laggan yang pertama hohoho...lanjutin part two ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pfft what a pleb

      gurren lagann mah cuma ngikutin berbagai anime mecha yang sudah tayang sebelumnya macam GAOGAIGAR atopun Nadesico.

      yah entar paling saya liatin refrensinya

      Hapus
    2. hohoho tapi code geass bon..code geass...T.T my favorite ...
      tpi gk papa dah yang penting masuk chart ..better than nothing

      Hapus