Kamis, 20 Juni 2013

My Preferred List of Mecha Anime: PART DEUX

yah oke, setelah adanya hambatan bagi member lain sehingga tidak meng-update Blog ini, Saya-chan akan kembali melanjutkan review dan kritiknya. sekarang...

BAHASAN DAN KRITIKAN ANIME MECHA FAVORIT LANJUTAN POST YANG KEMARIN

"Bwahahahahaha~!!!"


Langsung saja kita mulai dari urutan ke-6...

#7. Psalms of Planets Eureka7

 "I CAN FURRAAAAAII~!!"

Eureka Se7en meupakan anime mecha buatan Studio BONES pada tahun 2005 dengan jumlah 50 episode dan sebuah Movie.
dan tidak lupa 2 buah Video game PS2 yang berfungsi sebagai Prequel untuk serial TVnya.

 jujur, saya tahu Gamenya duluan baru tahu animenya, tapi itupun sebelum E7 muncul di game Crossover macam A.C.E. dan SRW.

Bisa dibilang Eureka 7 merupakan anime yang cukup melambungkan nama Studio BONES selain Fullmetal Alchemist.
untuk genre mecha sendiri, Eureka 7 cukup memberi teroboson di berbagai bidang (walaupun beberapa hal tersebut masih bisa ditemukan dalam anme mecha jadul macam "Dunbine" atapun "Brain Powered") yang menurut saya paling berkesan adalah (pastinya) desain mechanya sendiri.
Cukup unik dan ada "Awesome and practical"-feel. 
 i mean, kapan lagi sih kita bisa lihat robot-robot yang berselanjar di angkasa dan saling bunuh? (okeh, emang ada kok mecha yg pakai papan selancar di Gundam X, but that for another time).

untuk Storyline dan plotnya sendiri terasa sangat enjoyable dan memiliki keunikan tertentu, mungkin rada predictable di awal episode, namun memasuki arch akhir cerita, plot berubah hampir 180 derajat dengan berbagai hal kecil di episode awal disangkutkan kembali dan cukup membuat keunikan cerita bertambah (biarpun masih kalah oleh Evangelion dalam hal Mindfuck).

dalam hal world buildingnya sendiri, Eureka 7 sangatlah luas. dengan media macam adaptasi novel dan manga (bahkan game PS2 nya diadaptasi menjadi manga 2 volume). membuat dunia E7 terasa sangat luas dan explorable.
gak heran banyak yang hype berat saat adanya pengumuman Sequel Eureka 7.

dan para fans mendapatkan sesuatu yang sangat tidak diharapkan: Eureka 7 AO.

"FFFFUUUCCCKKKKK!!!"


#6. Mobile Suit Gundam 00 1st Season

 "ORE WA GUNDAM DA!!"

atau Gundam 00 (dibaca: DOUBLE O. heran, masih aja ada orang yang menyebutnya gundam "Oh-o" atau "kosong-kosong") merupakan seri setelah Gundam SEED Destiny yang menggunakan alternate timeline lain.
berbeda dengan seri-seri sebelumnya, Gundam 00 menggunakan Anno Domini (A.D.) sebagai sistem waktunya (latar yang sama yang digunakan peradaban manusia saat ini).
tayang pada pertama kali tahun 2007 hingga 2008 sebanyak 25 episode. dan dilanjutkan dengan season 2 pada oktober 2008 sampai maret 2009.
dan kemudian dilanjutkan sebuah Movie Berjudul "Gundam 00 A Wakening Of The Trailblazer" pada september 2010.

okeh, sebelum kita mulai membayangkan alur cerita Gundam Pada umunya, saya perlu peringatkan bahwa Seri Gundam kali ini sangat 'menghindari' berbagai cliche dan tropes seri-seri gundam lainnya

stolen gundam? nope.
childhood friend? nope
federation vs space nazi? nope
unrealistic reason people migrate to space? also nope

hal ini tentunya menjadikan Gundam 00 sangat unik pada genrenya sendiri, bahkan saya yakin sangat memberi terobosan agar anime-anime buatan Sunrise agar tidak terpaku pada "Tradisi" yang sudah tertanam di benak para Studio animasi generasi sejak 2000-an.
dulunya, sang maestro, Yoshiyuki Tomino membuat "Turn A Gundam" untuk menyelesaikan tren dimana generasi muda tahunya Gundam melulu. sayang ide ini kurang didukung oleh Sunrise sendiri karena, well, Gundam sudah seharusnya mengikuti tradisi sebagai "Merchandise Seller".
bukan sudah menjadi rahasia umum banyak orang yang men-despise desain mecha di Seri Turn A Gundam. karena memang Turn A Gundam tidak berpaku pada action dan lebih kearah tema pacifisme.

"seri Gundam yang sayangnya gagal mengubah mindset Sunrise"


Balik lagi ke gundam 00, seperti yang sudah saya sebutkan, seri ini sangat tidak cliche dalam alur ceritanya. yah, setidaknya sampai Season 2 muncul.
mungkin alur certia agak terasa Device-driven, namun dapat terbawakan dengan baik tanpa menghambat plot yang sangat kaya dan penuh potensi. (kalau tidak salah, saya pernah nonton di sekitar episode 9 sampai 15, hanya dengan 1 scene seri ini dapat membawakan lebih dari 8 tema berbeda. dan scene itu hanya berdurasi sekitar 2 menit. wow).
dan memang, semenjak diumumkannya Season 2, episode menjelang akhir seakan-akan "di-Bom" dengan berbagai jenis plot, intrik dan mistery yang akan diungkapkan di sesaon selanjutnya.

tapi tentunya, yang menjadi perhatian saya adalah: Mechanic Design-nya.
mungkin banyak yang bilang kalau desain mecha utamanya mengikuti theme seperti "Gundam Wing"
biarpun begitu, Desain dalam Gundam 00 terasa lebih Practical dan sangat didukung dengan stylenya sendiri. terasa sangat original dan tidak takut memberi trobosan.

rumor menyebutkan, hal yang membuat Desain mecha di Season 2 terasa lebih simple dan terasa"Boring But Practical" adalah sulitnya Mecha di season 1 di animasikan.
 

bisa dilihat diatas bahwa desain Season 2(kanan) terasa sangat "blocky" dan kurang detail dibanding season 1(kiri).
namun, disamping desain gundamnya sendiri, banyak desain MS yang begitu non-linear dan tidak mainstream, kita ambil contoh  OverFlag:

mimisan

 Overall, Serial ini sangatlah refreshing, baik untuk genre mecha maupun serial Gundamnya sendiri.

#5. New Mobile Report Gundam Wing


"inget banget dulu nonton ini di ind*siar jam 5pagi"

Bisa juga disebut Mobile Suit Gundam Wing, merupakan alternate universe lain dari seri gundam yang sepertinya mengikuti tren seri AU sebelumnya, "G Gundam".
tayang pertama kali pada 1995 sampai 1996. dan diikuti 3 buah OVA dengan tittle "Endless Waltz" pada 1997 yang nantinya dibuat format Movienya sendiri.
dan juga beragam adaptasi manga, Manga Side-story, novel, bahkan drama CD yang meliputi beragam world building di dunia After Colony (timeline yang digunakan serial ini).
tidak lupa, dengan taktik dagang Sunrise agar memiliki pasar yang lebih luas, gundam wing memiliki character design yang memanjakan para fujoshi.

untuk plot dan storylinenya sendiri, Gundam Wing memang tidak terbilang original dan seakan akan menumpang popularitas G gundam, nah, inilah dimana hal menjadi sangat menarik,
agar memiliki kesan yang berbeda dengan seri gundam sebelumnya, sang writter ( Masashi Mukaeda) terbilang cukup gila-gilaan merombak berbagai hal yang belum ada di seri-seri sebelumnya.

intrik politik yang seru untuk diikuti (rada malu kalo mau jujur, dulu saya sering bingung ngikutin ceritanya) desain mecha yang lumayan inovativ dan selalu membuat orgasme di saat-saat tertentu, alur cerita yang sangat Character development driven (oh, Zech....) dan juga device driven yang berguna agar cerita tidak ngelantur (Gundam Wing Zero mungkin memiliki jumlah pilot terbanyak sepanjang sejarah gundam. what a slut.). pesan-pesan pacifisme pun memiliki peran penting terhadap perkembangan cerita (seberapa sulitnya umat manusia menciptakan sesuatu yang disebut "perdamaian" dan bukan hanya pasang surutnya peradaban dengan konflik perang yang tanpa henti.).

hal ini membuat Gundam Wing terasa memorable (biarpun anehnya anime ini lebih sukses di western ketimbang di jepang sendiri. mungkin karena tahun 90an sedang ada tren anime shonen).

oh ya, honorable mention:

"don't push the button too hard, it might explode"


note: Saya Kurang peduli dengan "Frozen Teardrop" sebagai sequel


#4. Yuusha Ou GaoGaiGar

"GA-GA-GA GAOGAIGAR~!!"

Atau disebut juga The King of Braves GaoGaiGar merupakan seri "Yuusha" ke delapan dan terakhir yang diproduksi Sunrise.
biar singkat,"Yuusha" bisa dibilang metaseries yang merupakan spiritual successor dari Transformers Generasi 1 yang exclusive jepang (Victory, SuperGod MasterForce, dan Zone) yang dikhususkan untuk menjual mainan (dengan partner dagang Takara). membuat "yuusha" menciptakan berbagai cliche klasik yang sampai sekarang masih digunakan Sunrise. (cari di google: "Yuusha Pose" sebagai contoh).

Terdiri dari 49 episode yang tayang dari 1997 sampai 1998. dan diikuti dengan OVA 4 episode dengan Judul "GaoGaiGar FINAL" Pada tahun 2000.

GaoGaiGar singkatnya mengambil alur yang sama seperti seri yuusha sebelumnya, alur Monster of the week (MOTW) dengan penambahan mecha hampir di setiap episode (setiap episode menampilkan eyecatch berupa mechanic details dan sepanjang 49 episode tidak menggunakan data yang sama.). 

bukan berarti GaoGaiGar membosankan dan semata-mata merchandise driven, walaupun menggunakan alur MOTW, GaoGaiGar melakukannya dengan sangat baik dan tidak linear. 
plot cerita tetap terbawa di setiap episodenya dan Karakter Development tidak terlantarkan. bahkan memang sudah tradisi yuusha bahwa mecha apapun di seri ini memiliki "Karakter" baik secara harafiah maupun metafora. watak setiap karakter pun diperlihatkan dengan baik, bahkan beberapa Voice Aktor mulai terangkat namanya karena serial ini.
Siapa sih yang bisa bosan dengan stock Footage saat GaoGaiGar melakukan final Fusion?

 saya orgasme
akhir cerita dari serial ini dilanjutkan dengan OVA GaoGaiGar FINAL yang climaxnya dibuat agak jarring karena memiliki maksud akan dilanjutkan dengan sequelnya "GaoGaiGar project: Z" yang sayangnya dicancel dalam masa concept. membuat ending seri ini terasa bitter dan ambigu.
hingga pada tahun 2005 dirilis "The King of Braves GaoGaiGar Final Grand Glorious Gathering"
semacam re-imagining dari serial TV-nya yang dipersingkat menjadi 12 episode dengan beberapa adegan tambahan yang mengikat cerita GaoGaiGar dengan anime spin-off squel
berjudul "Betterman" (anime mecha Horror yang lumayan seru, tapi kesannya rada dark bila harus disangkut pautkan dengan seri Yuusha).

  percaya atau tidak, ini termasuk seri Yuusha

hal tersebutlah mungkin membuat Sunrise merasa agak awkward bila harus melanjutkan dengan seri selanjutnya "Baan Gaan" yang akhirnya di cancel juga dan menutup kemungkinan dibuatnya seri Yuuha di masa mendatang. (biarpun konsep Baan Gaan digunakan untuk anime mecha lain berjudul: "Gear Fighter DenDoh!" yang di direksi Mitsuo Fukuda, penulis Gundam SEED).


Yah, sekian review singkat dan kritikan Saya-chan kali ini. 
 
perlu saya beri tahu kepada sesama member bahwa review merupakan penilaian singkat tanpa harus memberikan sipnosis mapun membocorka alur ceritanya.

"Saya-Chan Out!!"


hari gini ga nge-fap ke mecha? pfffftttt

2 komentar:

  1. hahaha mantep bro...walaupun cuman kita berdua yang liat blog...terusin tinggal 3 lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. peyot juga lagi bikin, draftnya masih nganggur

      Hapus